Kamis, 27 Agustus 2015

Kecamatan Juli Memasuki Panen Raya Padi


Kecamatan Juli merupakan salah daerah agraris atau pertanian, memiliki jumlah lahan pertanian yang cukup luas baik lahan pertanian kering maupun basah. Lahan pertanian kering membentang di sebelah selatan utara Kecamatan Juli dari batas desa Juli Cot Merak samapi desa Pante Peusangan, Kecamatan Juli Juga di lalui dua Daerah Aliran Sungai (DAS) yaitu Sungai Peusangan dan Sungai Krueng Simpo yang kedua sungai tersebut bermuara ke utara yaitu ke selat malaka. Kedua DAS tersebut sangat berarti bagi kehidupan masyarakat khususnya sektor pertanian. Komoditas pertanian yang sering ditanam di lahan tersebut antara lain adalah Kedelai, Jagung, tanaman keras dan cabe.  Selanjutnya untuk lahan basah (persawahan) Komoditas pertanian yang di tanam di lahan sawah tersebut hampir semuanya adalah tanaman Padi.
Seperti pada paruh akhir musim tanam tahun ini yang sudah mulai memasuki masa panen. Dari pantauan kami, hampir semua blok persawahan yang ditanami padi di Kecamatan Juli mulai melakukan persiapan panen raya, malah ada beberapa blok di desa Ranto Panyang dan Beunyot yang sudah selesai melakukan panen. Menurut informasi yang kami peroleh dari beberapa petani, Ada beberapa perbedaan hasil panen antara musim tanam sekarang dan musim tanam awal tahun ini,  Meskipun suasana panas terik, hari – hari di lahan persawahan terlihat sibuk, tidak hanya petani pemilik lahan tetapi banyak juga para petani penggarap, buruh panen dan tidak ketinggalan para buruh grontong berkumpul menjadi satu. Ada yang sedang babad tanaman padi, ada yang sedang Perontok, ada juga yang sedang sibuk mengais sisa buliran padi yang sudah diPerontok, ada juga para tukang pencari rumput yang asik mengumpulkan damen (tanaman padi yang sudah dipanen), mereka sibuk dengan aktifitasnya sendiri – sendiri. Panasnya matahari tidak mereka hiraukan, gatalnya tubuh karena bulu – bulu tanaman padi tidak mereka rasakan, mereka hanyut dalam suka cita. Karena sistem memanen kebanyakan masih menggunakan cara tradisional (non mesin), maka nuansa kebersamaan masih terlihat. Banyaknya jumlah penduduk di desa ini yang secara tidak langsung berimplikasi pada jumlah angka pengangguran produktif, maka tidak kesulitan kepada para petani pemilik lahan mencari tenaga buruh panen.
Sebagai salah satu kecamatan yang memiliki lahan persawahan cukup luas, seharusnya kecamatan ini kaya. banyak hal yang harus dibenahi untuk mengelola potensi tersebut. Termasuk data real terkait perolehan hasil panen pada setiap musim tanam yang diperolehnya. Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) sebagai salah satu lembaga petani yang dibina oleh BP3K Juli harus selalu berkordinasi dengan apatur desa, atau BP3K Juli harus bisa memposisikan untuk aktif memantau kenerja Gapoktan agar fungsi sebagai salah satu lembaga petani benar – benar dirasakan oleh semua masyarakat di desa. Sehingga tidak ada batas yang memisahkan antara Gapoktan sebagai sebuah lembaga dan pemerintah desa sebagai instusi utamanya.

Semoga kedepan Kecamatan Juli benar – benar menjadi kecamatan agraris yang maju dalam segala hal melalui optimalisasi peran di sektor pertanian. Jangan malah sebaliknya. 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Welcome In Creating Website

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Pencet Sini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!